Kontak Person Telp/WA 085333321556

Kontak  Person Telp/WA 085333321556
Pendaftaran silahkan klik Disini. Pilih sesuai dengan paket serta durasi waktu program yang di inginkan
Loading...

METODE BELAJAR DI RUMAH JIKA TIDAK MAMPU KE KAMPUNG INGGRIS

kampung inggris Kampung I nggris menjadi tempat aduan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang masih terbilang k...

kampung inggris

Kampung Inggris menjadi tempat aduan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang masih terbilang kurang dan menjadi tempat tempaan bagi mereka yang sudah cukup memiliki kemampuan baik akan tetapi masih menginginkan perkembangan menuju kesempurnaan. Rentang usia siswa-siswa di Kampung Inggris pun sangat beragam. Mulai dari para siswa sekolah dasar, menengah, mahasiswa dan bahkan para dosen dan bisa jadi pun ada yang usianya lebih tua dari itu.
Tujuan orang belajar di Kampung Inggris pun sangatlah beragam bergantung pada mimpi masing-masing orang. Untuk bekerja, untuk melanjutkan studi, ataupun untuk hanya sekadar liburan menjadi alasan-alasan paling banyak ditemui di Kampung Inggris ini. Para pembelajar ini kemudian melebur menjadi satu berdiskusi serius, bercanda riang,  berkonsultasi dengan tutor dan makan bersama di Kampung para pemimpi ini.
Kampung Inggris menyediakan berbagai macam pilihan program dan tempat kursus dengan penawaran biaya yang terjangkau. Belum lagi atmosfir yang diberikan di sini akan meningkatkan semangat para pembelajar untuk semakin rajin belajar dalam merajut mimpi-mimpi mereka helai demi helai. Bau khas sawah di pagi hari menyambut para pembelajar yang memulai aktifitasnya di subuh hari, karena di Kampung Inggris kelas bahkan dimulai pada pukul 6.30 pagi. Suara jangkrik di malam hari menjadi teman para pembelajar yang akan kembali pulang ke kamar kos-kosannya setelah seharian memeras otak di kelas. Dengan atmosfir seperti itu, rindu akan mengulang lagi pengalaman berada di Kampung Inggris akan bertambah kuat seiring waktu. Faktor-faktor rindu tersebut adalah teman-teman seperjuangan di subuh hari, teman-teman tertawa di malam hari kala lelah, tutor-tutor yang sumringah menyambut setiap pertanyaan, tempat-tempat kenangan berbagi duka dan suka serta makanan-makanan ringan yang dikunyah ketika menyusuri kedalaman aturan-aturan tata bahasa Inggris. Banyak orang rindu dan kembali berkali-kali ke Kampung Inggris setelah mengalaminya sekali.
Namun, selain orang-orang yang telah mencicipi lezatnya belajar di Pare, ada banyak orang-orang yang masih terhalang tirai untuk menginjakkan kakinya di tanah pemimpi ini. Ada banyak alasan yang membawa orang ke Pare, namun ada banyak alasan pula yang menghalangi orang-orang ke Kampung Inggris. Pekerjaan yang tidak mengizinkan, kondisi keluarga yang tidak bisa ditinggalkan, studi yang menuntut konsentrasi, dompet yang tidak bisa diajak berdiskusi dan bahkan masalah kesehatan yang mengikat serupa tali adalah alasan-alasan yang kadang tidak bisa ditolak keberadaannya. Namun, apakah belajar bahasa Inggris hanya bisa dilakukan di Kampung Inggris ? Tentu saja jawabannya adalah TIDAK!
Di Kampung Inggris ada banyak metode belajar yang sering disarankan oleh para tutor kepada muridnya untuk dicoba dilakukan di rumah ketika mereka kembali ke kampung halaman agar bahasa Inggris mereka tidak hilang ditelan waktu dan kesibukan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa cara atau metode belajar bahasa Inggris di rumah yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja.
kampung inggris
Yang paling pertama yang dapat dilakukan untuk belajar bahasa Inggris di rumah adalah KONSISTENSI. Tanpa konsistensi tidak akan ada rencana yang berjalan dengan baik. Ini pula yang ditekankan di Kampung Inggris. Setelah Anda berjanji pada diri sendiri untuk konsisten dalam belajar. INVESTASIKAN waktu ada secara teratur untuk belajar bahasa Inggris dan jangan coba-coba melanggarnya dengan alasan apapun, kecuali sakit (mungkin). Di Kampung Inggris Anda menginvestasikan uang Anda untuk mengikuti program karena itulah Anda secara konsisten datang ke kelas setiap harinya. Tapi bagi anda yang tidak bisa ke Kampung Inggris, setidaknya, investasikan waktu anda secara konsisten setiap hari. INVESTASIKAN lah setidaknya sehari selama 1-2 jam untuk belajar. Berikutnya adalah buatlah fokus belajar Anda terlebih dahulu, apakah anda ingin fokus ke kemampuan berbicara atau menulis. Jika Berbicara menjadi tujuan awal Anda maka lakukanlah langkah-langkah berikut.
1.       Dalam waktu 1 jam tontonlah banyak film berbahasa Inggris dengan subtitle ganda. Tempatkan dua subtitle di bagian atas untuk bahasa Indonesia dan di bagian bawah bahasa Inggris.
2.       Saat menonton film, hentikan (pause) film sejenak setiap kali Anda menemukan kosa kata yang sulit. Tulis di buku catatan khusus dan cari tau apa arti dari kata tersebut. Setelah menuliskan maknanya, cobalah untuk membuat kalimat sederhana dari kata tersebut.
3.       Pelajari pola kalimat bahasa Inggris. Termasuk di dalamnya tenses.
4.       Sebelum tidur, baca kembali catatan Anda tadi dan ucapkan beberapa kali sampai anda hampir menghafalkannya.
5.       Investasikan waktu dan tenaga anda untuk duduk dan mendengarkan percakapan-percakapan bahasa Inggris yang benar yang bisa anda temukan di internet. Cukup dengarkan tanpa merespon. Karena dasar dari speaking adalah mendengarkan jadi mendengarkan dapat dijadikan sebagai asupan input yang baik dilakukan setiap harinya sekitar 30 menit sampai 1 jam.
6.       Belilah beberapa buku ungkapan (expression) dalam bahasa Inggris. Menghapalkan ungkapan akan lebih mudah dan akan mengajari anda untuk mulai memahami pola kalimat bahasa Inggris. *kalau tidak bisa membeli download saja dari internet.
7.       Lakukan hal di atas berulang-ulang secara konsisten dan rasakan perbedaanya.

Sementara bagi yang ingin berfokus kepada kemampuan menulis dapat mencoba beberapa cara berikut :
1.       Carilah di internet rumus-rumus tenses dalam bahasa Inggris. Pelajari, hapalkan, dan buatlah contoh kalimat sebanyak mungkin berdasarkan tenses. Bisa dimulai dengan kalimat-kalimat sederhana. Jika sudah menguasai tenses carilah beberapa buku  yang mengajarkan grammar dalam bahasa Inggris. Salah satu buku yang bisa saya sarankan adalah buku TOP grammar.
2.       Buatlah sebuah diary atau buku harian. Mulailah menulis hal-hal sederhana mengenai keseharian anda dalam buku harian anda. Tulislah dalam bahasa inggris tentunya dan mulai lah dengan 2-3 paragraf saja. Setelah menulis di buku harian anda. Bukalah catatan tenses anda tadi dan cek kesalahan yang anda buat. Perbaiki kesalahan anda dan pahami rumusnya
3.       Carilah teman atau guru yang bisa membimbing anda. Guru tersebut dapat mengecek kesalahan-kesalahan yang anda buat dalam buku harian anda sehingga anda bisa menjadi lebih peka.
4.       Setelah anda tidak lagi membuat kesalahaan yang banyak saat menulis diari, cobalah menulis dengan menerjemahkan dari sebuah koran atau artikel-artikel sederhana. Setelah itu minta bantuan guru anda untuk memperbaiki.
5.       Bacalah buku bacaan yang berbahasa inggris untuk membantu anda mendapatkan banyak kosakata baru. Membaca buku berbahasa inggris juga dapat membantu anda terbiasa melihat kalimat tulisan yang benar dan bisa melatih kemampuan anda menerjemahkan. Bacalah bacaan ringan dulu seperti buku dongeng untuk anak kecil yang menawarkan bahasa yang mudah dicerna dan ditirukan
6.       Lakukan berulang ulang dan secara konsisten. Jangan meninggalkannya dengan alasan apapun.

Demikian lah beberapa tips belajar bahasa Inggris di rumah bagi anda yang belum berkesempatan mengunjungi Kampung Inggris. Selamat belajar, semoga berhasil! Dan semoga bisa mencicipi Kampung Inggris dan bisa mendapatkan kesempatan membuat kenangan di Kampung Inggris ini. (22/7)

Paket Program 6934689542557526717

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Paket Speaking Terbaru

Video Update

KONTAK KAMI

KONTAK KAMI

Whatsapp

Program

Follow by Email

close
Daftar sekarang juga!